Olahraga bagi Kesehatan

Pengertian dan Manfaat Olahraga

gambar olahraga

Tujuan kita berolahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Dan menurut Dr. Faizati Karim, MPH, Pengertian sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan pengertian dari bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan efek kelelahan fisik dan mental yang berlebihan.

Nah, tentunya setelah kita mengetahui apa pengertian dan tujuan dari olahraga itu seharusnya kita lebih fokus dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita dengan berolahraga secara rutin dan benar sehingga aktifitas sehari-hari tidak terhambat karena sakit akibat kelelahan fisik dan mental.

Sebelum berolahraga ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu manfaat dari olahraga, yaitu:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
Olahraga yang teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dikarenakan gerakan-gerakan dalam olahraga memicu hormon adrenalin yang mendorong jantung untuk bekerja lebih keras sehingga aliran darah lebih deras mengalir ke otot dan otak. Maksud dari reaksi dari hormon adrenalin ini adalah untuk mempersiapkan tubuh dalam menghadapi berbagai ancaman yang mungkin akan terjadi baik secara fisik maupun dalam bentuk penyakit. Itulah mengapa olahraga teratur sangat disarankan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh akibat hormon adrenalin yang terus dikeluarkan secara teratur.

Selain hormon adrenalin, olahraga juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam otak yaitu hormon pengendali mood. Dengan mood yang baik tentunya otak akan mengirim sinyal positif kepada seluruh sel saraf untuk rileks/tenang. Ketenangan dapat menimbulkan kebahagiaan dan kebahagiaan dapat memberikan efek positif kepada sistem kekebalan tubuh untuk dapat bekerja lebih optimal menahan serangan penyakit.

2. Meningkatkan kinerja otak.
Aliran darah yang deras mengalir akibat reaksi dari hormon adrenalin tersebut membawa oksigen ke otak yang memang memerlukannya dan membuat kinerja otak lebih baik sehingga dapat fokus pada aktifitas yang sedang dilakukan.

3. Menunda penuaan.
Berolahraga memicu produktivitas sel-sel baru pada kulit sehingga kulit akan lebih kencang dan mengurangi kerutan karena sel-sel yang mati cepat tergantikan oleh sel-sel kulit yang baru diproduksi tersebut.

4. Mengurangi resiko stress.
Sudah pasti resiko stess akan jauh berkurang jika kita berolahraga akibat meningkatnya kadar hormon serotonin dalam otak yang berfungsi untuk mengendalikan mood.

5. Meningkatkan kepercayaan diri dan penampilan.
Seseorang yang berolahraga pasti akan memiliki stamina dan energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak berolahraga. Stamina dan energi yang bagus akan mempengaruhi kondisi psikologis seseorang hingga menimbulkan efek positif seperti perasaan kuat, nyaman, aman dan tenang. Efek positif tersebut tentunya dapat menimbulkan kepercayaan diri setiap orang.
Berolahraga juga dapat membantu memperbaiki penampilan. Para olahragawan cenderung mempunyai bentuk tubuh yang lebih bagus dibanding yang bukan karena secara teratur terus dilatih sehingga perkembangan dan pembentukan tulang juga otot-ototnya lebih maksimal dalam membentuk sosok penampilan yang ideal.
Kombinasi antara olahraga rutin, konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi sesuai serta istirahat yang cukup dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

This entry was posted in Kesehatan, Olahraga. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s